sekolah-madania-imunisasi-measles-rubela-mr

Imunisasi Measles Rubela MR

23:17:13, 27 Agustus 2017 Himawari

Campak dan rubella merupakan penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh virus melalui kontak dengan cairan dari hidung dan tenggorokan penderita rubella. Seseorang dapat menularkan virus ke orang lain seminggu sebelum ruam kulit muncul, hingga 1 minggu setelah ruam sembuh. Bahkan perempuan hamil dapat menularkan rubella pada bayinya lewat aliran darah. Cukup sulit untuk mendeteksi penyakit ini, karena gejalanya mirip flu biasa seperi demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk, pilek, dan mata merah.

Meski begitu kita tidak boleh menyepelekan penyakit ini, komplikasi keduanya bisa menjadi penyakit yang serius. Misalnya pada campak dapat menyebabkan diare, radang paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk, dan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, tetapi bila menulari ibu hamil pada awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Bulan Agustus s/d September tahun ini memang menjadi bulan imunisasi Measles dan Rubella (MR). kegiatan ini menjadi salah satu komitmen pemerintah Indonesia untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Baca: Anak-anak Sekolah Dasar Madania merayakan HUT RI ke-72 dengan mangadakan lomba tradisional

Pada hari Kamis, 10 Agustus 2017 Dokter Vera Linda dan bidan Indrawati bersama timnya melakukan imunisasi MR kepada seluruh siswa SD Sekolah Madania. Peserta yang ikut imunisasi hari ini adalah semua siswa sekolah SD Madania yang telah mendapat izin dari orangtua.

 “Hai, kamu sudah sarapan? Yuk sini, jangan melihat ke arah tangan Dokter ya, kalau takut,” sapa Dokter UPF Puskesmas Jampang kepada para siswa Sekolah Madania.

Tak jarang ada yang ketakutan dan tak mau disuntik hingga menangis. Akan tetapi, ada juga yang sebelumnya tegang malah tertawa setelah disuntik karena tidak merasakan sakit yang mereka takutkan. Melalui imunisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh siswa terhadap campak rubella sehingga siswa dapat tetap sehat dan giat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.

Sehat selalu anak-anak hebat Madania!! (Erna Putrianingsih)

 


Share :